Minggu, 30 Juni 2013

Lebaran.com

Saya akan menuliskan kelebihan-kelebihan dari lebaran.com mulai dari tampilan sampai ke isi website-nya.

Kelebihan-kelebihan dari lebaran.com adalah:

1. Terdapat tanggal di paling atas tengah dari website. Tanggal ini memudahkan beberapa orang seperti saya yang kadang-kadang terlupa tanggal maupun hari padahal seharusnya belum pikun, hahaha.


2. Terdapat 3 baris sub menu yang amat lengkap. Masing-masing dari sub menu ini membuat kita langsung menuju artikel-artikel atau informasi-informasi yang kita inginkan dengan 1x klik.

3. Kolom iklan yang tidak 'menyerang' pembaca. Website lebaran.com menempatkan iklan dengan baik, tidak berlebihan tetapi terlihat untuk menarik minat para pembaca.

4. Adanya fan page di Facebook. Sudah bukan rahasia bahwa social media memegang peranan penting dalam mendatangkan traffic dan pengguna website.

5. Masih berhubungan dengan poin 4, terdapat widget like box yang langsung terintegrasi dengan like fan page Facebook lebaran.com sehingga pengunjung website akan bisa sekaligus menjadi fans di fan page Facebook-nya.

6. Ada widget Tweet ke Twitter. Ini sangat membantu dalam share artikel-artikel bermanfaat lebaran.com ke Twitter.

7. Kotak komentar diisi dengan menggunakan kotak komentar Facebook yang terhubung dengan ID Facebook pengguna. Ini sangat baik karena tidak perlu register sana-sini atau memasukkan email yang kebanyakan orang tidak suka.

8. Ketika saya mengetikkan kata 'lebaran' di mesin pencarian Google, saya menemukan link menuju lebaran.com di halaman pertama daftar hasil pencarian. Good job! Bahkan fan page Facebook lebaran.com menempati urutan lima besar dari daftar pencarian Google ini.

9. Terdapat kolom khusus bagi berita-berita dari media lain. Ini sangat membantu pengunjung untuk mendapatkan apa yang mereka cari.

10. Fitur-fitur yang disediakan lebaran.com seperti LeKartu amat menarik. Fitur ini membuat kita dapat memilih gambar untuk kartu Lebaran yang akan dikirimkan secara digital. Kreatif!

Berikutnya adalah tulisan-tulisan dari saya agar lebaran.com menjadi website yang lebih baik lagi.

Hal-hal yang harus diperbaiki dari lebaran.com adalah:

1. Loading speed atau kecepatan unduh website yang agak lama. Sayang sekali ketika saya membuka lebaran.com, website terbuka dalam jangka waktu yang lama. Memang saya tidak menghitung persis tepatnya, kira-kira setelah lebih dari 5 detik dari saya mengetikkan lebaran.com lalu enter, barulah muncul tampilannya. Hal ini juga terjadi setiap saya mengklik artikel-artikel di website ini. Saya telah mengetesnya dengan beberapa website speed test. Ada http://tools.pingdom.com/fpt/http://gtmetrix.com/http://www.webpagetest.org/, dan yang paling menarik karena disertai tips untuk mengatasi masalah website tersebut adalah https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights. Ketiga tes di tempat berbeda menunjukkan hasil yang sama. Website lebaran.com kurang cepat dalam hal loading speed-nya. Bagi orang-orang yang telah mengenal lebaran.com, mereka akan menunggu. Tetapi bagi orang-orang yang baru mengenal lebaran.com, ada kemungkinan mereka langsung beralih ke website lain.

2.  Ada ruang kosong di beberapa bagian kanan ketika kita berada di Beranda/Home. Ruang-ruang kosong ini bisa diisi oleh iklan atau gambar agar lebih menarik.

3. Masih berhubungan dengan ruang kosong yang terdapat di Beranda, pengaturan template di lebaran.com terlihat kurang rapi terutama yang terdapat di bagian website agak bawah. Menurut saya itu cukup mengganggu.

4. Beberapa berita yang ditampilkan di lebaran.com judul dan isinya sama persis dengan artikel di website-website sumber. Sebaiknya isi dan judul berita di lebaran.com tidak murni 100% sama dengan website sumber tanpa ada perubahan sedikit pun. Saya baru belajar mengenai SEO, setahu saya website dengan judul dan isi artikel sama dengan website-website lainnya dapat menurunkan page rank dari website yang bersangkutan. Akibatnya tentu saja buruk, paling parah adalah website yang dimaksud menjadi tidak muncul di pencarian Google. Kita tidak menginginkan hal itu terjadi pada lebaran.com.

5. Kurang teraturnya ketikan di bagian 'Tanya-Jawab'. Misalnya bagian tulisan setelah koma seharusnya diberi spasi, bukan sebaliknya. Spasi antar paragraf juga kurang rapi. Jika dirasa bukan masalah besar, memang bukan masalah besar. Tetapi menambah sedikit demi sedikit poin dalam website ini adalah hal yang lumayan penting, menurut saya. Bukankah sedikit demi sedikit akan menjadi banyak?

6. Widget like box Facebook di bawah iklan paling kanan itu mungkin bermasalah karena tidak muncul ketika saya mengklik artikel. Contohnya adalah seperti ini:


Bukan masalah besar lagi memang. Paling tidak ada orang-orang seperti saya akan memperhatikan detail seperti ini.

7. Ada widget Tweet untuk share Tweet ke Twitter pengguna tetapi belum ada widget Follow Twitter di website ini. Padahal ada banyak orang yang lebih aktif di Twitter daripada di FB. Memang di kanan atas sudah ada direct link menuju alamat Twitter lebaran.com tetapi tidak semua orang akan seteliti itu. Buktinya, jumlah likers Facebook dan followers Twitter berbeda jauh. Sebaliknya, tidak ada tombol share ke facebook di paling bawah tiap artikel. Sayang sekali. Banyak orang lebih tertarik hal praktis dengan mengklik tombol share di artikel yang mereka suka daripada copas alamat web ke Facebook mereka. Dengan adanya tombol share Facebook, artikel-artikel di lebaran.com yang kami sukai akan lebih banyak tersebar lagi.

8. Para pembaca website lebaran.com kurang aktif dalam mengomentari artikel-artikel di lebaran.com. Ya, tentu saja ini bukan kesalahan dari pihak lebaran.com. Lagipula dengan banyak pembaca tanpa komentar pun sudah bagus. Kita dapat menarik kesimpulan pembaca puas dengan artikel yang disajikan. Hanya saja, pembaca yang aktif akan memberikan feed back yang amat baik entah mengenai isi artikel atau cara penyampaian hingga hal-hal membangun lainnya.

9. Saya menemukan informasi tentang lagu yang terdapat di lebaran.com kurang banyak. Anak muda biasanya tertarik pada musik-musik. Saya sarankan menambah pasokan artikel musik, sekedar liriknya juga saya rasa sudah baik. Termasuk musik religi.

10. Saya mengetahui lebaran.com baru-baru ini padahal isinya sangat bermanfaat. Saya sarankan perbanyak iklan di social media seperti Facebook, apalagi jika lebaran.com sedang mengadakan kuis berhadiah karena kuis berhadiah adalah salah satu cara paling efektif mendatangkan pengunjung yang aktif dan diharapkan loyal. 

Mengapa blog saya harus dipilih? Karena saya menuliskan kedua puluh hal di atas setelah mengubek-ubek lebaran.com dengan teliti. Saya menuliskan semua kelebihan dan saran dengan sepenuh hati. Saya harap tulisan saya dapat bermanfaat. Jika ada kata-kata yang salah, mohon dimaafkan.

Menerima kompensasi dari lebaran.com untuk hasil tulisan ini - Advertorial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar